Laboratorium Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang
Laboratorium Manajemen
Universitas Muhammadiyah Malang

Tentang kami

LABORATORIUM MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG



LATAR BELAKANG

Dunia dan ilmu pengetahuan dewasa ini telah berkembang dengan sangat cepat dengan ditandai oleh turbulansi pada berbagai aspek kehidupan, pada aspek teknologi, aspek social ekonomi,  aspek moral dan keagamaan, dan sebagainya. Kondisi seperti tersebut di atas tidak bisa dihindari dan harus dihadapi oleh siapapun juga, dan oleh karena itu hal ini sebagai sebuah tantangan untuk dapat tetap bertahan dan hidup. Untuk menghadapi situasi tersebut, dengan arus informasi dan perubahan teknplogi yang sangat cepat, membutuhkan sumber daya manusia yang professional serta memiliki keahlian dan ketrampilan yang memadai. Lembaga pendidikan khususnya Pendidikan Tinggi bertanggung jawab menyiapkan tenaga yang memiliki keahlian, kecakapan dan trampil dalam menganalisis berbagai situasi serta trampil dalam memecahkan segala persoalan yang ada.

Laboratortium Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang dibentuk guna menunjang dan mewadahi berbagai kegiatan dari Jurusan Manajemen yang bersifat Kurikuler maupun Non Kurikuler sebagaimana amanah dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diemban setiap Perguruan Tinggi. Dengan demikian aktivitas yang dilakukan oleh lembaga ini adalah mengembangkan pendidikan dan pengajaran, penelitian serta melakukan pengabdian masyarakat.

Sebagai sebuah lembaga penunjang bagi Jurusan Manajemen, maka Laboratorium Manajemen ini menjadi wadah dan pelaksana dari berbagai kegiatan bagi Jurusan Manajemen, yang dengan demikian maka lembaga ini menjadi pusat kegiatan, pusat data dan informasi, dan selanjutnya adalah sebagai pusat pengembangan. Oleh karena itu kegiatan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Manajemen tersebut dikemas untuk memberikan ‘value added’,  yang sangat berarti bagi civitas akademika, baik bagi mahasiswa maupun bagi tenaga pendidik ataupun pihak lain yang membutuhkan. Dengan demikian kegiatan yang diselenggarakan oleh Laboratorium Manajemen mampu menjembatani keahlian transfer knowledge yang abstrak dan ideal untuk menjadi praktis dan aplikatif dalam tindakan.


SEJARAH LABORATORIUM

Laboratorium manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang berdiri pada tahun 1998, atas usulan :  Bapak Drs. Mursidi, MM (Sekarang Pembantu Rektor II UMM) dan Bapak Drs. RD. Jatmiko, MM (Wadir II - Pasca UMM) Telah mengalami empat kali periode kepemimpinan,yakni :

Tahun 1996 – 1999 : Dra. Aniek Rumijati, MM
Tahun 1999 – 2004 : Drs. Noor Aziz, MM
Tahun 2004 – 2009 : Dra. Nurul Asfiah, MM
Tahun 2009 – sekarang : Dra. Sri Nastiti Andharini, MM

PROGAM KERJA

Progam kerja yang diselenggarakan oleh Laboratorium Manajemen secara umum adalah sebagaimana berikut:

  1. Kegiatan Praktikum
  • Penyelenggaraan kegiatan praktikum ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan Manajemen maupun yang non Manajemen (lintas Jurusan). Adapun dalam penyelenggaraannya praktikum ini dibedakan menjadi dua, yaitu :

a. Praktikum Reguler

Praktium ini merupakan jenis praktikum yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan Manajemen sebagai salah satu persyaratan administrasi akademik. Tujuan dari praktikum regular ini untuk memberikan pemahaman konseptual yang lebih praktis dengan persoalan yang riil, dengan proses belajar mengajar yang berbeda dengan perkuliahan klasikal biasa.  

b. Praktikum Non Regular 


Praktikum ini bertujuan untuk menambah kemampuan mahasiswa dalam penggunan alat-alat pengambilan keputusan pada berbagai bidang, sehingga mahasiswa trampil menggunakan alat bantu pengambilan keputusan dalam operasional perusahaan. Adapun sifat dari praktikum Non Regular ini tidak wajib tergantung adanya kesepakatan mahasiswa dengan dosen pangampu mata kuliah. Oleh karena sifatnya yang tidak wajib maka praktikum Non Regular ini hanya diperuntukkan bagi mahasiswa yang menginginkan menambah pengetahuan dan pengalaman yang dianggap perlu bagi mahasiswa yang bersangkutan. Macam dari Praktikum Non Regular ini adalah:

  1. Praktikum Metode Kuantitatif
  2. Praktikum Penganggagaran Perusahaan
  3. Praktikum Akuntansi
  4. Praktikum Statistik Bisnis
  5. Dan lain-lain


PEDOMAN KEORGANISASIAN

       Laboratorium Manajemen adalah sebuah lembaga yang dibentuk untuk menunjang kelembagaan dari Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang, dan oleh karena itu lembaga ini adalah berfungsi sebagai penunjang berbagai kegiatan Jurusan Manajemen, baik yang terkait dengan pengembangan kurikulum atau pengembangan dharma pengajaran maupun yang terkait dengan dharma penelitian ataupun dharma pengabdian masyarakat.

KEORGANISASIAN

       Laboratorium Manajemen dalam penyelenggaraannya adalah mewadahi aktivitas dari Jurusan Manajemen, dan melibatkan seluruh civitas akademika dari Jurusan Manajemen, serta dapat bekerja sama dengan pihak-pihak lain, baik dengan internal Fakultas, internal Universitas, maupun dengan pihak eksternal.

      Dalam penyelenggaraannya Laboratorium Manajemen dipimpin oleh seorang Kepala Laboratorium berdasarkan pengangkatan melalui Surat Keputusan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang, atas usulan dari Ketua Jurusan Manajemen bersama-sama dengan Dekan atau Pembantu Dekan I Fakultas Ekonomi Universitas Muahammadiyah Malang. Yang karena tidak ada batasan waktu dalam Surat Keputusan Rektor tersebut, maka dalam masa berjalan Ketua Jurusan berhak untuk mengajukan usulan atas pemberhentian Kepala Laboratorium yang ada serta mengajukan seorang Kepala Laboratorium yang baru kepada pihak Rektor melalui Pembantu Rektor I, bila dirasa perlu.

       Sementara itu dalam pelaksanaan kesehariannya, Kepala Laboratorium Manajemen dibantu oleh Staff Laboratorium Manajemen, seorang Bendahara Laboratorium Manajemen merangkap inventarist, serta Koordinator Divisional, yang terdiri dari Koordinator Divisi Praktikum, Koordinator Divisi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, serta Koordinator Divisi Pelatihan dan Konsultansi, serta Pendampingan dan Kerjasama. Seluruh yang membantu Kepala Laboratorium Manajemen adalah ditunjuk dan ditetapkan berdasarkan pada Surat Tugas yang dikeluarkan oleh Ketua Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang untuk masa periode tertentu, dan oleh karenanya adalah staff dosen Jurusan Manajemen. Pelibatan staff dosen terlibat secara langsung akan bertanggung jawab dalam pelaksanaan berbagai program laboratorium. Penyelenggaraan Laboratorium Manajemen juga melibatkan seluruh staff pengajar Jurusan Manajemen melalui Koordinator Konsentrasi dan anggotanya ataupun melalui perseorangan/individu sebagai “think thank” pengambangan penyelenggaraan laboratorium ini.

LAMBANG LABORATORIUM MANAJEMEN

      Laboratorium Manajemen dalam penyelenggaraan kegiatannya dilakukan secara internal maupun eksternal, dan lambang yang digunakan oleh Laboratorium Manajemen adalah sebagai berikut :



Makna Lambang :

  • Gedung; melambangkan bahwa Laboratorium Manajemen adalah sebuah wadah dan tempat berlangsungnya suatu kegiatan
  • Buku terbuka; mengggambarkan bahwa Laboratorium Manajemen adalah menjadi wadah untuk mengembangkan wacana keilmuan dan oleh karena itu menjadi sumber ilmu pengetahuan dan sebagai jendela dunia
  • Pena; menggambarkan bahwa ujung tombak dari dunia pendidikan ini adalah pena, semua hasil karya dari dunia pendidikan ini selalu dituangkan dalam bentuk tulisan
  • Logo UMM; menunjukkan bahwa Laboratorium Manajemen ini adalah sub unit dari kelembagaan Universitas Muhammadiyah Malang

 

 

 

ALUR PENDAFTARAN PRAKTIKUM

 

 

ALUR PRAKTIKUM TIDAK WAJIB


  1. Istilah-istilah dalam kegiatan praktikum:
  • Praktikan; praktikan adalah mahasiswa yang menjadi peserta praktikum.  Untuk menjadi peserta maka seorang mahasiswa harus terdaftar dalam mata kuliah praktikum yang diikutinya secara online, selanjutnya mendaftar sebagai peserta praktikum di Laboratorium Manajemen untuk menentukan jadwal praktikum

  • Laboran; laboran adalah tenaga yang menangani sarana dan prasarana laboratorium. Dalam hal ini laboran pada Laboratorium Manajemen menangani sarana dan prasarana laboratorium dan seluruh fasailitas yang ada untuk keperluan praktikum, termasuk menangani pendaftaran calon peserta praktikum dan menentukan kelas-kelas praktikum

  • Asisten Praktikum; asisten praktikum adalah mahasiswa yang dianggap mampu yang diperbantukan bagi instruktur saat praktikum sedang berlangsung

  • Instruktur; instruktur adalah dosen Jurusan Manajemen yang menangani kelas praktikum saat berlangsungnya praktikum. Instruktur praktikum di Laboratorium Manajemen ini menjadi inspirator dan fasilitator saat berlangsungnya praktikum, serta memberikan kesimpulan akhir dari praktikum yang ditanganinya dan memberikan rekomendasi bila diperlukan

  • Modul praktikum; modul praktikum ini adalah buku petunjuk pelaksaan praktikum. Modul praktikum ini selain berisis materi praktikum juga berisi petunjuk teknis praktikum, modul yang digunakan dalam penyelenggaraan praktikum ini dibuat oleh staff dosen berdasarkan masing-masing konsentrasi yang ada di Jurusan Manajemen, yaitu Konsentrasi Manajemen Keuangan, konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia, konsentrasi Manajemen Operasional, dan konsentrasi Manajemen Pemasaran.

  1. SISTEM EVALUASI PRAKTIKUM

Dalam setiap pelaksanaan kegiatan praktikum yang diikuti oleh praktikuan akan dilakukan evaluasi, guna memastikan seorang praktikan lulus atau tidak pada praktikum yang diikutinya, adapaun system evaluasi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Evaluasi Penilaian Praktikum

  • Menempuh praktikum; yang dimaksudkan dengan menempuh praktikum adalah seorang praktikan mengikuti seluruh prosedur praktikum yang ditetapkan oleh Laboratorium Manajemen, termasuk sesuai dengan kebutuhan tertentu dari masing-masing praktikum

  • Siatem Penilaian; yang dimaksudkan dengan penilaian adalah nilai yang diberikan oleh masing-masing instruktur terhadap masing-masing praktikan. Nilai yang diberikan terhadap praktikan tersebut didasarkan pada:

  • Penguasaan materi; adalah kemampuan praktikan terhadap materi yang dibahas

  • Presensi praktikan; adalah jumlah kehadiran praktikan dalam mengikuti praktikum

  • Penguasaan alat dan media praktikum; adalah penguasaan terhadap alat maupun media lain yang digunakan dalam praktikum oleh praktikan

  • Teknik penyajian; adalah cara yang digunakan oleh praktikan untuk mempresentasikan hasil praktikumnya

  • Aktivitas; yang dimaksudkan dengan aktivitas adalah keterlibatan praktikan dalam praktikum yang diikuti

b. Kriteria penilaian


90 – 100 Point = A
80 – 89   Point = B+
70 – 79   Point = B
65 – 69   Point = C+
55 – 64   Point = C
45 – 54   Point = D
≤ 44        Point = E
 


c. Kelulusan

  • Perserta praktikum dinyatakan lulus praktikum bila mendapat nilai praktikum minimum C (Cukup) dengan bobot 2. Apabila nilai praktikum kurang dari C, maka peserta praktikum dinyatakan tidak lulus praktikum dan diharuskan mengulang

 d. Sangsi

  • Sangsi diberikan kepada peserta yang tidak mengikuti ketentuan dan tata tertib yang berlaku di Laboratorium Manajemen FE UMM, dan tidak akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan oleh Laboratorium Manajemen.

 


PENDUKUNG          

Aktivitas pendukung ini adalah berbagai aktivitas yang diselenggarakan oleh Laboratorium Manajemen yang bertujuan untuk mendukung kelancaran aktivitas utama yang ada di Laboratorium Manajemen. Sebagai pusat kegiatan maka Laboratorium Manajemen ini didukung oleh berbagai aktivitas yang dapat menjadi sumber inspirasi maupun kemudahan keperluan dan sarana atas berbagai kegiatan yang dilakukannya. Berbagai sarana dan kegiatan yang dimaksud untuk memperlancar aktivitas bagi mahasiswa, staff dosen serta bagi pihak yang membutuhkannya.


PEDOMAN KEUANGAN

Penyelenggaraan kegiatan yang dilakukan oleh Laboratorium Manajemen membutuhkan dana operasional, dan diatur secara tersendiri oleh pengelola Laboratorium Manajemen dengan mengetahui pihak terkait. Oleh karena itu dalam pengelolaan dana ini, baik penggunaan maupun sumber-sumber perolehannya diatur tersendiri.


SUMBER PENDANAAN

Sumber pendanaan yang digunakan dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan kegiatan yang dilangsungkan di Laboratorium Manajemen berasal dari :

  1. Universitas
  2. Mahasiswa
  3. Pihak Lain

 

1.      Sumber Dana dari Universitas

Sumber dana yang berasal dari Universitas ini sampai dengan saat ini merupakan sumber dana utama Laboratorium Manajemen, yang diperoleh dengan cara pengajuan dana operasional ke Pembantu Rektor II Universitas Muhammadiyah Malang. Dana yang dimaksud bersumber dari Dana Pengembangan Pendidikan (DPP) yang telah dibayarkan oleh mahasiswa pada awal perkuliahan. Dana ini dibutuhkan untuk membiayai operasional penyelenggaraan praktikum yang bersifat Reguler dan kegiatan-kegiatan penunjang yang terkait, dan pengajuan dana dilakukan oleh Kepala Laboratorium Manajemen. Dana yang diajukan ke pihak Universitas ini telah ditetapkan berdasarkan pada tariff yang ditentukan dari Dana Pengembangan Pendidikan mahasiswa


2.      Sumber Dana dari Mahasiswa

Pada Praktikum yang bersifat Non-Reguler mahasiswa diwajibkan membayar biaya praktikum sebesar ketentuan yang telah ditetapkan pada saat pelaksanaan praktikum berlangsung dan besarnya biaya praktikum merupakan persetujuan dari divisi praktikum dengan sepengetahuan dari pihak Jurusan Manajemen (Ketua Jurusan). Selain itu dana dari mahasiswa ini juga berasal dari kegiatan pelatihan yang besarnya adalah persetujuan dari divisi pelatihan, konsultansi dan pendampingan dengan pihak Jurusan Manajemen (Ketua Jurusan). Adapun sistem pembayaran praktikum ini dilakukan di nomor rekening bank UMM.

3. Sumber Dana dari Pihak Lain

Adalah sumber  dana yang diperoleh dari unit bisnis yang ada maupun dari pihak luar universitas. Dana ini diperoleh dari hasil jasa pelatihan, konsultansi, dan pendampingan terhadap industri yang membutuhkan, atau juga dari hasil fee atau royalty yang diperoleh dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Laboratorium Manajemen.

PENGGUNAAN DANA

Laboratorium Manajemen dalam berbagai aktivitasnya didukung oleh pihak universitas dalam pendanaan Dana yang diperoleh oleh Laboratorium Manajemen, sebagaimana sumber dana  yaitu pihak Universitas Muhammadiyah Malang, pihak mahasiswa, serta pihak lain, akan digunakan sesuai dengan aktivitas utamanya dari kegiatan yang dimaksud, serta digunakan untuk berbagai aktivitas pendukungnya.

1. Dana dari Universitas digunakan untuk:

  • operasional dan penunjang praktikum
  • Biaya Pencetakan Modul
  • Royalti Pembuatan Modul
  • Biaya Perawatan dan pemeliharaan peralatan praktikum
  • Honorarium Instruktur
  • Biaya kegiatan pendukung
  • Incentive pihak terkait
  • Pengembangan sumber daya manusia
  • Tunjangan sosial


2. Dana dari mahasiswa, digunakan untuk:

  • Biaya operasional dari kagiatan
  • Biaya pencetakan/penggandaan modul
  • Biaya untuk royalty/fee
  • Honorarium Instruktur/pemateri
  • Incentive pihak terkait


3. Dana dari pihak lain, digunakan untuk:

  • Biaya operasional Laboratorium Manajemen
  • Biaya untuk royalty/fee
  • Incentive pihak terkait



PELAPORAN PENGGUNAAN DANA

Sebagai bentuk tanggung jawab dan rasa amanah dari pengelola Laboratorium Manajemen Fakultas Ekonomi, maka dana yang didapat akan selalu dilaporkan, secara teratur setiap habis masa kegiatan, baik itu praktikum, kegiatan pelatihan, kegiatan konsultansi, maupun kegiatan penelitian dan pengembangan, sesuai dengan Sumber Dana dan Penggunaan Dana tersebut.

  1. Dana dari Universitas; akan dilaporkan tersendiri sesuai dengan maksud dana tersebut diberikan, dan akan dilaporkan penggunaannya ke pihak Universitas, yang dalam hal ini adalah Pembantu Rektor II, dibuat oleh Kepala Laboratorium (sebagai penganggung jawab dibantu oleh Bendahara Laboratorium), dengan mengetahui Ketua Jurusan Manajemen serta Pembantu Dekan II Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Malang

  2. Dana dari Mahasiswa; akan dilaporkan tersendiri sesuai dengan sebagaimana dana tersebut diperoleh, maka dana tersebut dilaporkan oleh masing-masing divisi yang bertanggungjawab atas penggunaan dana tersebut, dengan mengetahui Kepala Laboratorium Manajemen. Sedangkan pihak Jurusan Manajemen hanya mendapatkan laporan tertulisnya

  3. Dana dari Pihak lain; dana ini akan dilaporkan tersendiri sesuai dengan sebagaimana dana tersebbut diperoleh, dan dana tersebut dilaporkan oleh masing-masing divisi yang bertanggungjawab atas penggunaan dana tersebut, dengan mengetahui Kepala Laboratorium Manajemen. Sedangkan pihak Jurusan Manajemen hanya mendapatkan laporan tertulisnya

     


 

Shared: